--> Contoh Program Remedial Dan Pengayaan K13 Revisi 2019 SD | BLOGGER OPS

8/20/2017

Contoh Program Remedial Dan Pengayaan K13 Revisi 2019 SD

| 8/20/2017

 

Contoh Program Remedial Dan Pengayaan
Contoh Program Remedial Dan Pengayaan
Program kegiatan remedial dan pengayaan tak asing bagi pendidik di seluruh tanah air karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dapat membantu siswa yang belum mencapai target yang ditetapkan oleh masing-masing setiap satuan penddidikan. Dalam proses pembelajaran di kelas baik yang mengarah pada evaluasi tentu tidak semua siswa mencapai nilai rata-rata yang ditetapkan jika tak mencapai maka perlu seorang penddidik melakukan remidial yang berguna untuk memberikan pembelajaran ulang kepada siswa yang belum tuntas, ketika selesai memberikan remidial maka diberikan evaluasi ulang yang disebut dengan pengayaan

Sebagai seorang guru perlu untuk melakukan kegiatan tersebut untuk membantu siswa memahami dan mengevaluasi ulang materi yang belum tuntas karena program remidial dan pengayaan adalah adalah bagian dari kurikulum yang berlaku dari turun-temurun hingga hingga kurikulum saat ini KTSP dan kurikulum 2013 (K13

Pengertian Program Remedial Dan Pengayaan

Remedial mempunyai pandanan kata dalam bahasa inggris yaitu "remidiation" . Kata remediation memiliki makna yaitu "menyembuhkan". Jadi kata remedition merujuk pada makna proses penyembuhan. Kata remedial adalah kata sifat jika dalam bahasa inggris selalu bersama dengan kata benda  contoh yaitu yaitu : " remidial work" yang berarti pekerjaan penyembuhan dan kata " remedial teaching" artinya pengajaran penyembuhan. Remidial adalah kegiatan untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar atau belum tuntas dalam evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Kegaiatan remidial sama arti dengan memberikan pembelajaran ulang yang belum dikuasai oleh peserta didik.

Pengayaan adalah kegiatan yang diberikan siswa yang kemampuannya diatas rata-rata sehingga dapat mengoptimalkan potensinya dengan memanfaatkan siswa waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran di setaip satuan pendidikan. Dalam merencanakan dan merancangk kegiatan remidial hendaknya guru menerapkan strategi dan pendekatan yang bersifat individu. Kegiatan-kegiatan yang direnacanakan dan dirancang oleh guru dalam kegiatan pengayaan adalah pengembangan dalam bentuk latihan, tutor sebaya, mengembangkan media pembelajan dan sumber belajar yang tersedia di sekitar, kegiatan proyek, dan pemecahan suatu masalah

Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh guru :

#Faktor Peserta Didik 

Faktor siswa menjadi acuan utama dalam pelaksanaan kegiatan remidial karena kita tahu bahwa dalam suatu kelas yang terdapat sekelompok siswa memiliki perbedaan minat dan bakat. Apabila guru memilih siswa sesuai dengan minta siswa tersebu maka kompetensi anak akan berkembang dengan maksimal.

#Fatktor Edukatif

Pengayaan yang diberikan kepada siswa harus benar-benar menegarah pada perkembangan siswa. Kegiatan pengayaan hendaknya tidak menyulitkan siswa untuk berkembang sesuai dengan potensinya serta bermanfaat bagi dirinya sendiri.

#Faktor Alokasi Waktu

Faktor alokasi waktu berhungan dengan waktu yang tersedia dalam pelaksanaan kegiatan pengayaan. Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik disesuaikan dengan waktu yang teredia denagn memanfaatkan kelebihan alokasi waktu pada saat siswa lainnya sedang mengikuti kegiatan remedial berlangsung, Kegiatan pengayaan hendaknya tidak mengganggu siswa yang sedang mengikuti kegiatan remedial.

Contoh Format Program Remedial Dan Pengayaan Untuk K13

Dalam pelaksanaan kegiatan program remedial dan pengayaan perlu disiapkan format khusus. Format yang disediakan khusus untuk format remidial dan pengayaan k13 SD. Contoh format ini berupa Ms Word yang diisi dan siapkan digunakan bagi guru yang melaksanakan kegiatan remidial dan pengayaan Dalam format program remidial terdapat beberapa item yang harus diisi yaitu, nama sekolah, kelas mata pelajaran, hari/tanggal, nama siswa yang mngikuti kegiatan remedial, kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa yang mengikuti remedial, indikator, kriteria ketuntasan minimal, bentuk remedial, kegiatan awal dan kegiatan akhir.

Pada format pengayaan terdapat beberapa isian yang harus diisi yaitu, nama sekolah, kelas mata pelajaran, hari/tanggal, bentuk pengayaan dan nilai ulangan. untuk mendownload contoh program remedial dan pengayaan K13 hanya dengan mengklik tombol download dibawah ini.

Untuk mendownload Contoh Program Remedial Dan Pengayaan K13 Revisi 2018 klik link dibawah ini
                                         Program Remedial Dan Pengayaan K13 Revisi 2018 Untuk SD

Sedangkan untuk format Program Remedial Dan Pengayaan Kurikulum 2013 Untuk SD Revisi tahun lalu klik link download dibawah ini!



Demikain artikel yang berkaitan dengan Contoh Program Remedial Dan Pengayaan K13 Untuk SD

Related Posts

No comments:

Post a Comment