--> Cara Membuat Arsip dan Random Post Untuk Mempercantik Blog | BLOGGER OPS

8/06/2015

Cara Membuat Arsip dan Random Post Untuk Mempercantik Blog

| 8/06/2015
Helo pembloger yang budiman, semoga sobat dalam keadaan sehat walafiat, Salam sejahtera bagi kita semua.

Arsip blog tidak asing lagi bagi para pemblogger senior atau master blogger, Arsip pada sebuah blog memudahkan pengunjung atau visitor untuk melihat semua halaman arsip blog kita. 

Untuk Blog yang sudah umurnya panjang semua postingan terdahulu tidak lagi nampak di home page melainkan posisinya sudah tersebunyi di bagian halaman depan, Google memang sengaja merancang fitur arsip blog untuk mempermudah menenlusuri semua yang terdahulu sampai dengan sekarang 

Hal yang lucu bila blog kita tidak terdapat widget arsip blog, apalagi kalau kita mau jadikan blog kita kedepannya  diajukan dalam permohonan sebagai publiser di google adsense dan hal tidak akan diterima oleh tim google adsense karena blog tersebut tidak memenuhi syarat untuk untu pemasangan scrip iklan.

Arsip blog tidak selalu untuk dibuatkan scroolnya namun jika ingin mempercantik tampilan blog kita maka kita harus membuat scroolnya melalui pemasangan kode HTML

Untuk menambah wawasan saya ingin menjelaskan kepada sobat tentang pengertian kode HTML:. kode HTML adalah sebuah bahasa yang digunakan oleh halaman website blog sehingga dapat membuat atau bekerja berdasarkan fungsinya. Terbentuknya sebuah website atau blog karena adanya kode HTML. Tanpa kode HTML maka website atau tidak akan terbentuk. 


Untuk membuat scrool dalam arip blog caranya mudah saja kita hanya menambahkan kode dibawah ini pada widget baru

Ikuti langkah-langkahnya !
1. Login di dasbor blog saudara.
2. Pilih templete
3. Edit HTML.
4. Kalau sudah terbuka kotak yang ada banyak kode HTM maka krusor ditempatkan ke             dalam kotak selanjutnya tekan CTRL + F (Control F), akan muncul kotak pencarian.
5. Copy kode ini di dalam pencarian <div id='ArchiveList'> atau bisa juga cari kode ini             Archiv
6  Tekan Enter

kalau kode   <div id='ArchiveList'>  ini ditemukan maka akan muncul berwarna kuni di kode tersebut, menunjukan bahwa kode yang dicari memang betul ada di dalam templete. Perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelas !


7. kalau sudah ketemu tamabahkan kode <div style='overflow:auto; width:ancho; height:100px;'>     diatas kode <div id='ArchiveList'>  Dan tambahkan kode </div>  di belakang kode </div>. Perhatikan gambar di bawah ini yang adalah kode HTML blog saya kode yang berwarna merah adalah kode yang ditambahkan



<div style='overflow:auto; width:ancho; height:100px;'>
  <div id='ArchiveList'>
  <div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'>
    <b:include cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;' data='data' name='interval'/>
    <b:include cond='data:style == &quot;FLAT&quot;' data='data' name='flat'/>
    <b:include cond='data:style == &quot;MENU&quot;' data='data' name='menu'/>
  </div>
  </div></div>

8. Simpan templete blog anda.
 Nah, bagitu sob cara membuat scrool arip blog. Mudah kan ??

Cara Memasang Random Post Berwarna Untuk Mempercantik Blog

Cara membuat arsip untuk mempercantik blog kita sudah lewati, sekarang bila sobat ingin membuat random post berwarna maka ikuti lagi materi yang saya berikan, gratiss tanpa dibayar heheheheh.

Sebelum membuat random post, sobat terlebih dahulu membuat rss feedburner. Jika suda membuat rss feedburner maka lanjutkan totorial ini, tetapi jika blog sobat belum didaftarkan di rss feedburner alangkah baiknya ikuti cara mudah membuat rss feedburner untuk blog

Apa itu fungsi random post?
Fungsi random post adalah pos artikel acak yang tampil di gadget. Selain intu random post berfungsi sebagai link dalam blog atau link internal blog kita.Tim google memang segaja merekomendasikan random post dengan tujuan agar setiap pengguna blog selalu friendly.Tampilan random post seperti gambar dibawah ini.


Friendly dalam dunia blogger atau website mengandung arti selalu berubah-ubah sesaui perkembangan google. fiendly itu tidak statis melainkan selalu dinamis maka tujuan itulah google selalu merilis fitur-fiturnya agar mampu mengikuti perkembangan.

Cara memasang random pos :
1. Buka Dasbor Blog sobat.
2. Sobat pilih Tata Letak
3. Sobat Pilih tambahkan gadget
4. Pilih HTML/javascrip
5. Copy lah kode dibawah ini (harus copy semua jangan ada kode satupun yang tidak          dicopy




6. Simpan.

Selesailah suda tentang Cara Membuat Arsip dan Random Post Untuk Mempercantik Blog

By : Ruben Hina Mbiliyora.S.Pd

Related Posts

No comments:

Post a Comment