--> Cara Blogwalking Yang Baik Dan Efektif Untuk Meningkatkan Trafik | BLOGGER OPS

10/17/2017

Cara Blogwalking Yang Baik Dan Efektif Untuk Meningkatkan Trafik

| 10/17/2017
cara-blogwalking-yang-baik

Saling bersilahturahmi dalam kehiduapan manuasi sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan dalm lingkungan sosial sebagai makluk sosial. Begitupun aktifitas manusia dalam daring online selain dalam dunia nyata kegiatan saling silahturahmi juga terjalin dengan baik,

Kegiatan saling turahmi dalam dunia blog akan saling menguntungkan karena sama-sama mendapatkan pengetahuan dan kreasi dan inovasi yang baru. Kegiatan silahturahmi dalam blog dinamakan blogwalking. 

Nah bagi sobat... yang belum mengerti apa dan bagaimana cara blogwalking baik dan benar dapat membaca trik blogwalking yang efektif yang berdampak peningkatan trafik blog


Mengetahui cara blogwalking yang baik dan efektif akan dapat meingkatkan trafik sebuah blog dalam dunia internet - Seperti halnya kehidupan manusia di dunia nyata yang saling berinteraksi satu sama lain, saling membutuhkan antara manusia satu dengan yang lain begitu pula dalam dunia blogger ya ng saling berbagi satu sama lain.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu bersosialisasi, saling ketergantungan begitupun dalam blog. pemilik Blog yang satu membutuhkan pengalaman dan pengetahuan dengan blog yang lain sehingga tingkat pengetahun dan wawasan akan sesuatu hal akan semakin meningkat. Jadi dengan penerapan diatas merupakan contoh konkrit dari kegiatan blogwalking.


Apa itu Blogwalking ?


Blogwalkin adalah kegiatan yang dilakukan dalam dunia blogger untuk saling bertukar pikiran dengan cara berkunjung ke blog blog lain yang memiliki kesamaan relevansi tentang sesuatu topik blog agar memiliki pemahaman dan wawasan yang lebih luas. 

Dengan kegiatan blogwalking maka akan samakin dapat meningkatkan reputasi blog ke arah yang lebih baik. 

Namun untuk blogwalking khususnya blogger pemula harus lebih dulu memahami cara blogwalking yang baik dan efektif agar dalam kegiatan blogwalking tidak berpengaruh buru pada blog yang ingin dinaikan trafiknya. Apabila melakukan blogwalking yang kurang baik akan berpengaruh negatif karena setiap blog memiliki aturan tersendiri yang buat oleh pemilik blog ketika menyampaikan komentar di blog yang dikunjungi.

Beberapa manfaatkyang diperolah dalam kegiatan blogwalking yang baik yaitu sebagai berikut :
  1. Akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Sudah dapat dipastikan ketika anda membaca sebuah artikel blog tentang sesuatu hal maka anda akan mendapat pengetahuan dan menambah wawasan tentang sesuatu hal dari yang  belum tahu menjadi tahu
  2. Untuk mendapatkan backlink. Perlu kita tahu dengan melakukan kegiatan blog walking yang baik dan efektif maka akan mendapatkan backling yang berkualitas. Mendapat backlink dari kegiatan blogwalking yaitu dengan cara berkomentar di blog lain. Baca cara membangun backlink yang berkulitas dan aman bagi pemula
  3. Kegatan blogwalking bermanfaat untuk mempromosikan blog. Blogwalking sama dengan mempromosikan blog agar dapat dikenali oleh pembaca. Karena pemilik blog tempat anda blogwalking akan berpeluang untuk berkunjung ke blog yang anda promosikan.
  4. Blogwalking untuk meningkatkan perkembangan blog ke mesin pencari google. Perlu kita sadari optimasi seo bukan saja sekedar optimasi intern blog tetapi dalam seo disarankan untuk optimasi diluar blog yaitu berinteraksi dalam ke blog-blog lain
  5. Blogwalking untuk mendapatkan inspirasi tentang sesuatu hal. Dengan membaca artikel di blog lain maka kita akan mendapatkan inspirasi tentang sesuatu hal
  6. Memecahkan masalah. Dalam kegiatan blogwalking akan mendapat arah dan petunjung untuk memecahkan sesuatu problem.
  7. Mendapatkan teman yang hemiliki hobi yang sama. Kegiatan blogwalking akan mendapatkan lebih banyak koneksi sesuai bakat dan minat yang sama sehingga bisa saling bertukar pengetahuan.

Yang Harus Diperhatikan Ketika Aktifitas Blogwalking Yang benar



Sebelum melakukan kegiatan blogwalking maka lebih dahulu harus memahami teknik atau cara yang baik dan efektif dalam melakukan kegiatan blogwalking terlebih khusus bagi blogger pemula sehingga dapat memberikan hal yang posetif bagi blog yang akan dikembangkan.

1. Baca Dulu Isi Konten Blog Yang Anda Kunjugi


Jangan menyia-nyiakan kesempatan membaca isi artikel yang anda kunjungi, upayakan baca artikelnhya dan berusaha memahami maksud artikel dalam blog. Hal yang sering dilakukan oleh wabmaster tidak membaca secara detail isi artikelnya, mungkin hanya membaca sepintas atau hanya membaca pada paragraf pertama lalu cepat keluar dari blog. Kegiatan blogwalking seperti ini adalah kurang baik, sehingga tidak mendapat pengetahuan dan wawasan yang memadai. 

Terlalu sering melakukan kegiatan blogwalking yang kurang baik maka ketika seseorang membuat konten blog sering menyimpang dari aturan sehingga konten yang buatnya tidak berkualitas. Tidak mampu membuat atau menulis artikel yang berkualitas karena memang pada dasarnya tidak memiliki pemahaman dan wawasan yang luas akan sesuatu hal.

 

2. Berkomentar yang baik


Setelah kita membaca artikel blog lain kita meninggal jejak ke blog yang kita kunjungi dalam hal ini kita dapat meninggalkan atau menyertakan komentar di blog lain. Ketika kita memberikan komentar mestinya komentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, serta komentar yang sesuai dengan isi artikel, 

Jangan sekali-kali berkomentar yang diluar artikel yang anda baca. Memberikan komentar harus memberikan hal yang posetif kepada pemilik blog yang anda kunjungi.


3. Jangan menulis Komentar sama


Sering kali ada pemblogger yang mencantumkan komentar yang sama di salah satu artikel atau ke beberapa artikel, Mungkin karena sedang malas berpikir kata-kata untuk berkomentar maka diambil kesimpulan untuk untuk mengcopy paste komentar dari orang lain. 

Sebenarnya dengan menggunakan cara ini sangat dilarang dan akan berakibat komentar yang kita publis akan dipindahkan ke kotak spam oleh pemilik blog. Apalagi ketika sedang menerapkan cara ini lantas kita serta link pada kolom komentar maka  akan berujung di kenakan penalty google. 

Upayakan Sebisa mungkin berkomentar dengan kata-kata sendiri yang unik dan bermanfaat bagi pemilik blog agar komenjtar yang kita publish dapat di approved oleh pemilik blog



4. Saat Berkomentar Tidak Hanya Kata Pujian


Banyak juga yang berkomentar hanya mengetik beberapa sepenggalan kata pujian kepada pemilik blog lalu di belakang nya meletakan link blognya. Hal ini kurang tepat karena isi komentarnya dianggap tidak relevan. 

Misalnya " artikelnya menarik gan...kunjungi juga www.mbiliyoraruben.blog,spot.com " dan atau " Mantap gan artikel  www.mbiliyoraruben.blog,spot.com 

Coba perhatikan kalimat diatas hanya ada beberapa kata pujian saja langsung meletakan link tanpa berkomentar sesuai isi artikel yang berkaitan tentang sesuatu hal. Hal ini kurang pas dan tidak efektif dalam kegiatan blogwalking

Upayakan kegiatan blogwalking melalui komentar memberikan komentar sesuai isi artikel yang relevan, bisa mengemukakan pertanyaan, saran dan penambahan pemahaman artikel yang telah dibaca lalu kemudian menyertakan link bila pemilik blog mengijinkan

Sebisa mungkin kita memberikan komentar yang menarik dan bermanfaat bagi pemilik blog dan para komentar lainnya.



5. Berkomentar Dengan Mengawali Pengucapan Salam


Sama halnya kita berkunjung ke rumah kerabat, sebelum kita masuk dan menjadi tamu terlebih dahulu kita mengucapkan salam kepada pemilik rumah, Begitupun kegiatan blogwalking melalui komentar di sebuah blog. 

Strategi ini sangat tepat efektif karena pemilik blog merasa dihargai melalui pengucapan salam hormat. Siapa bila bertamu ke rumah orang langsung duduk tanpa mengucapkan salam terlebih dahulu.

Sapaan salam kepada pengunjung bisa bersifat umum misalnya " Salan sejahtera...." bisa juga bersifat khusus sesuai keyakinan pemilik blog.

Misalnya bila agama kristen ucapan syalom, Muslin assllm....dan lain lain baru diikuti dengan menulis kata-kata komentar yang sesuai dengan artikel yang anda baca.


 Teknik Blogwalking Yang Baik Dan Efektif


Anda sudah mempelajari beberapa yang harus diperhatikan sebelum kegiatan blogwaliking, Sekarang akan diuaraikan bagaiaman cara blogwaliking yang baik dan efektif  sehingga bermuara untuk meningkatkan pengunjung blog. 

Setelah membanca blog maka selanjuntnya memberikan komentar pada kolom komentar

4. Promosikan Blog Melalui Peletakan Link


# Peletakan Link Hidup.

Pada saat memberikan komentar kita dapat meninggalkan jejak kita ke blog lain dalam hal ini kita dapat meninggalkan link blog dalam komentar.  Namun hati-hati dalam menyertakan link ke dalam komentar yakni kita hanya bisa menyertakan link blog yang sesuai dengan topik blog kita. 

Peletakan link hidup harus diwaspadai karana itu peletakan link hidup boleh saja apabila pemilik blog menginjinkan, tetapi apabila si empunya blog tidak menginjinkan maka hindari peletakan link hidup pada kolom komentar

Kesalahan fatal dalam mempromosikan blog melalui komentar contohnya blog yang anda kunjungi topik tentang kesehatan sementara topik blog kita tentang cara buat blog maka ini harus dihindari. 

Mestinya yang memiliki relevansi topik dengan blog kita.Hal yang perlu diperhatikan ketika meletakan link url blog kita pada saat berkomentar jangan menyimpan link ke dalam kolom komentar tetapi letakan url ke kolom yang disediakan jika ada kolom khusus alamat url blog

Peletakan Link Pada Name/URL Dan OpenId

Kolom komentar Name/URL adalah kolom komentator yang menyediakan tiga baris kolom yaitu Kolom Nama komentator, Kolom Email, Kolom alamat web/blog, dam Kolom untuk mengetik komentar. Penggunaan Name/URL dan OpenId sangat efektif untuk membangung backlink 

Sedangkan komentar yang bersifat OpenId adalah standar layanan digintal bagi user tanpa login terlebih dahulu 

Namun penggunaan kolom komentar Name/URL dan OpenId digunakan secara wajar misalnya komentar sesuai dengan revansi artikel yang telah dibaca dan jangan terlalu sering menggunakan Name/URL dan OpenID


4. Pemblogger Saling Follow.

Ketika anda membaca sebuah artikel blog lain perhatikan dan lihat akun media sosialnya di blog. Akun media sosial di blog pada umumnya berupa halaman facebook, twitter, googleplus dan lain. Bila ditemukan akun media sosialnya maka upayakan untuk follow. Ketika kita sudah memiliki teman dalam akun  media sosialnya kita bisa chatting dan meminta petunjuk akan sesuatu hal yang belum kita ketahui.


5. Dapatkan Pengetahuannya


Ketika sudah saling follow dengan seorang blogger yang lebih ahli atau lebih ahli bidang seo maka setiap ilmu dan petunjuk yang diberikan upayakan untuk segera dipahami dan dicoba karena dengan cara tersebut kita akan lebih bisa dari sebelumnya. 

Jangan gengsi untuk bertanya kepada yang lebih bisa dan lebih mahir karena kalau sifat gengsi tidak akan memberikan hal-hal yang lebih baik. Bila perlu minta kepadanya untuk menilai dan koreksi karya anda sehingga ia akan memberikan masukan dan saran demi kesempuranaan blog yang dikembangkan. Memperoleh ilmu dari seseorang yang lebih ahli adalah bagian dari cara blogwalking yang baik

Blogwalking adalah usaha untuk memahami sesuatu hal yang baru yang belum kita ketahu melalu interaksi dengan sesama blogger sehingga pada akhirnya akan memiliki wawasan khsanah yang lebih cemerlang

Demikian artikel ini di susun tentang Cara Blogwalking Yang Baik dan Efektif Agar Dapat Meningkatkan Trafik semoga dapat memberikan manfaat kepada teman-teman blogger yang budiman

Related Posts

10 comments:

  1. Keren mas.. sangat bermanfaat...

    Kunjung balik ya mas..
    www.juezsite.ga

    Biar interaksi sesama bloger lebih harmonia dan bewarna..

    Thx

    ReplyDelete
  2. nice info.. thanks om....

    ReplyDelete
  3. terima kasih gan sudah mengunjungi artikel ini

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. maksih juga ga sudah berkunjung dan membaca karya blogger ops

    ReplyDelete
  6. terima kasih infonya mas, sebagai newbie memang harus banyak blogwalking. Supaya bisa dapat ide juga untuk menulis :)

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete